Tempat Wisata Di Babat “Tugu Wingko Babat”

/
/
/
788 Views

Tempat Wisata Di Babat “Tugu Wingko Babat”

tugu wingko babat

Tempat Wisata Di Babat “Tugu Wingko Babat” . Siapa sich yang ngak tahu Babat ? Hampir semua warga khususnya jawa Timur mengenal kota Babat ( cie cie terkenal banget). Mengapa sich Babat itu terkenal banget,? yang menjadi penyebab utama adalah karena makanan khasnya yang terkenal ituloh, yaitu WINGKO BABAT.

Apakah wingko itu?

Wingko adalah salah satu jenis makanan yang berasal dari bahan olahan utama kelapa dan merupakan salah satu makanan khas daerah.

Berbicara tentang makanan khas daerah, wingko sebenarnya berasal dari kota Babat, sebuah kota kecil yang terletak di kabupaten Lamongan propinsi Jawa Timur tetapi pada kenyataannya banyak masyarakat Indonesia yang mengira asal kue wingko berasal dari Semarang.

Hal itu wajar saja, karena di Semarang sendiri banyak penjual wingko yang mudah kita temui. Namun, sesuai sumber wikipedia kue wingko secara resmi berasal dari Babat Lamongan.

Nah, untuk meneguhkan bahwa kue wingko babat berasal dari Babat Lamongan pemerintah membuat sebuah bangunan khusus, kalau saya pribadi menyebutnya sebagai tugu “Wingko Babat”. Tugu ini berdiri tegak di tengah jalan yang strategis yakni pertemuan antara jalur transportasi 3 kabupaten yaitu arah Kabupaten Bojonegoro, Kabupaten Jombang, Kabupaten Lamongan dan juga bisa Kabupaten Tuban.

Tempat Wisata Di Babat "Tugu Wingko Babat"
Tempat Wisata Di Babat “Tugu Wingko Babat”

Tugu yang dilauncing sekitar awal tahun 2016 tepatnya terletak di depan pasar Babat (itu loh pasar yang macet banget waktu hari raya hehehe), memiliki ketinggihan sekitar 7 meter dan disamping sampingnya ada minuatur kue wingko.

BACA JUGA :KEUNIKAN MASJID NAMIRA LAMONGAN YANG MEMBUAT HATI TERKAGUM-KAGUM

wingko babat
Miniatur wingko babat

Sebenarnya tulisan tugu wingko ini sudah ada yang membahasnya tetapi saya menulis ini karena saat itu saya sedang perjalanan menuju Bojonegoro tetapi bisnya berhenti lama depan kantor polisi Babat, pak sopir sedang turun bersama anak balitanya mungkin sedang makan atau apalah saya kurang tahu yang pasti dia sedang bekerja sambil membawa anak dan istrinya. Iseng iseng mengisi waktu luang yang tidak jelas itu saya gunakan untuk menulis ini saja.

Nah, tidaklah salah jika tugu ini bisa di gunakan sebagai  Tempat Wisata Di Babat “Tugu Wingko Babat” baik untuk berselfie atau sekedar mengunjungi / lewat saja.

===== foto sekitar tugu wingko babat=====

pasar babat

 

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This div height required for enabling the sticky sidebar
Ad Clicks :Ad Views :