Juara Pembelajaran Bab Sendi Dengan Metode Diskusi

/
/
/
456 Views

Juara Pembelajaran Bab Sendi Dengan Metode Diskusi

Juara Pembelajaran Bab Sendi Dengan Metode Diskusi. Juara SD Muhammadiyah Bojonegoro. Seperti di artikel sebelumnya yang saya tulis Juara Diskusi Kelas 4 A & B , kesempatan saat ini saya akan menuliskan hasil diskusi kelompok yang dilakukan anak-anak 4C, untuk membuat suasana kelompok kondusif dan tenang kita bisa menggunakan cara khusus, lebih jelasnya bisa dibaca di SINI .

Penggunaan metode diskusi ini dilatar belakangi materi sendiri yang agak sulit dimengerti siswa karena jenis-jenis sendi banyak dan memiliki kemiripan antara satu sendi dengan sendi yang lain. Dengan diskusi diharapkan siswa mampu saling membantu, siswa yang memiliki daya pemahaman yang cepat dapat menjelaskan pada siswa yang belum bisa memahami.

Manfaat Metode diskusi

Kegiatan diskusi memiliki prinsip simbiosis mutualisme, mengapa demikian ? karena bagi siswa yang memiliki kemampuan lebih tinggi akan menjadi sumber belajar sehingga membuat dia makin dihargai  oleh teman lainnya, sedangkan bagi siswa yang bleum memiliki pemahaman yang baik akan terbantu dengan penjalan teman sejawat.

Selain itu, dengan metode diskusi ini akan memperingan kerja guru, karena guru disini hanya bersifat sebagai moderator atau fasilitator yang mengarahkan siswa belajar dengan baik. tetapi dalam metode diskusi memiliki beberapa kelemahan .

Kelemahan metode diskusi :

  1. Kecendrungan suasana kelas yang ramai
  2. Siswa yang aktif akan banyak mendominasi jika tidak diarahkan
  3. siswa yang pemalu akan makin diam
  4. membutuhkan waktu yang relatif lama dibanadingkan dengan metode cerama dalam menyampaikan materi.

Tetapi itu semua akan teratasi jika guru dapat memanikan perannya sebagai fasilitator di kelas selama pembelajaran berlangsung.

 

Juara Pembelajaran Bab Sendi Dengan Metode Diskusi
Juara Pembelajaran Bab Sendi Dengan Metode Diskusi

sd muhammadiyah bojonegoro (4)

Saat kegiatan kelompok kelas 4C berlangsung, anak-anak sudah dapat menjalankan dengan tertib walaupun masih ada yang mengobrol diluar materi tapi saya rasa masih sangat wajar. ( Baca Juga : Juara Diskusi Kelas 4 A & B )

Sudah lumayan tertib kan? Hehehe, semangat untuk kelas 4C. Dan sesuai kesepakan, akan saya ambil dua pemenang yakni juara satu dan dua tetapi juara 2 ada dua kelompok yang sama nilaianya, alhasil saya mengambil tiga kelompok dan berikut pemenangnya :

sd muhammadiyah bojonegoro (7)
Juara 1 Kelas 4C

Tetap semangat untuk menjadi anak yang tertib dalam kegiatan pembelajaran, semoga kalian mengambil manfaat dari pelajaran Bab Sendi ini.

2 Comments

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This div height required for enabling the sticky sidebar
Ad Clicks :Ad Views :