Inikah Bupati Dan Wakil Bupati Bojonegoro 2018 ?

/
/
/
578 Views

Inikah Bupati Dan Wakil Bupati Bojonegoro 2018 ?

Hari itu ada yang lain, suasana pembelajaran yang biasanya ada di dalam kelas tetapi hari itu anak-anak memakai kaos dan siap-siap belajar di luar. Ya, hari ini anak-anak akan belajar langsung tentang cara pemilihan umum yang bertempat di KPUD Bojonegoro karena anak-anak akan memilih Bupati dan Wakil Bupati Bojonegoro 2018.

Singkat cerita siswa kelas 4 yang terdiri dari 98 siswa beserta 7 guru pendamping datang ke KPUD Bojonegoro sekitar jam 8, kami langsung disambut dengan hangat oleh petugas dan pegawai KPUD. Di aula kami akan menerima materi dan mempraktekkan pemilihan umum bupati Bojonegoro.

Dalam kegiatan yang kami namai KUNJUNGAN INSTANSI tersebut diawalai dengan acara pembukaan dan memperkenalkan Ketua dan Anggota komisioner KPUD Bojonegoro yang terdiri dari 5 orang yaitu:

1. M. ABDIM MUNIB, SH, MH
2. Drs. H. A. KHUDLORI, M.Si
3. FATKHUR ROHMAN, S.Pd., M.Si.
4. MUSTOFIRIN, S.Pd.I
5. SUPARDI, S.Ag

Kunjungan ke KPUD Bojonegoro
Kunjungan ke KPUD Bojonegoro

Dilanjutkan dengan sambutan perwakilan sekolah yakni Bapak Fatkhul Huda, belaiu sangat berterima kasih pada pihak KPUD yang telah bersedia menerima kedatangan siswa untuk belajar pemilu dengan sangat baik dan istimewa.

Memasuki acara inti, siswa diberikan pengetahuan umum tentang seluk beluk pemilihan umum. Misalnya, syarat menjadi bupati anatara lain harus berkewarganegaraan Indonesia, sehat rohani dan jasmani, diusung oleh partai politik dll. Untuk membuat masyarakt yakin agar memeilih seorang bupati maka bupati memilih kesempatan waktu untuk berkampanye terlebih dahulu. Materi tersebut disampaikan sekitar 45 menit dan siswa dibekali lembar kerja siswa sehingga mereka tetap focus untuk mendengarkan penjelasan dari pemateri.

Setelah materi tersempaikan dengan baik, kini saatnya siswa melakukan simulasi pemilihan umum. Diawali dengan kampanye oleh 4 pasangan Calon Bupati dan wakil Bupati Bojonegoro 2018.

Ke empat pasangan Calon Bupati dan wakil Bupati Bojonegoro 2018 tersebut adalah :

1. Pasangan ke 1 : Salwa Nayla dan Zytka Alayda S
2. Pasangan ke 2 : A. Hisyam P.H dan Artasya Aulia Syahid
3. Pasangan 3 : Ega Zulfikar dan Nathariela ZA
4. Pasangan 4 : Syafiq Yusrizal dan Imarotin S

Keempat pasangan tersebut telah menyampaikan kampanye dengan baik dan percaya diri besar harapan mereka dapat menjadi calon terpilih. Kini, saatnya para peserta melakukan pemilihannya secara langsung.

Para petugas KPPS terdiri dari Aisya Dzika, Tatia, Naura Deazura, Syahda dan Dina sholiha mempersiapkan diri untuk menjalankan pemilu dengan aman, dengan bertindak sebagai ketua KPPS adalah Akhsan Wibi. Pencoblosan dimulai dari RT 1 ( Kelas 4 A) , para peserta antri untuk mencoblos dengan urutan : Nama akan dipanggil, kemudian akan mendapat surat suara, siswa datang ke bilik suara, mencoblos sesuai pilihannya, memasukkannya dalam kotak suara dan terakhir menclupkan jarinya ke tinta yang saat itu petugas pemberi tinta adalah ananda Abye.

pemilu bupati bojonegoro 2018
pemilu bupati bojonegoro 2018

Rentetan pemilihan umum ini diikuti oleh 98 pemilih ( dari 4A, 4B, 4C dan 4D) berjalan lancar berkat penjagaan dari tim keamanan, antara lain Ananda fahr, Iqbal dan Gamma.

Setelah proses pencoblosan selesai, perhitungan suara segera dimulai. Kotak suara di bawah ke aula utama dnegan disaksikan dari ke empat saksi calon ( Yaitu ananda Zika, M. Akbar, A. Daffa dan Ibnu) kotak suara dibuka dan dihitung kemudian dicocokkan dengan daftar hadir peserta pencoblosan. Alhamdulillah hasilnya sesuai.

SD muhammadiyah ke KPUD bojonegoro
Membuka kotak suara untuk menghitung kartu suara

Dannnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnn, kini saatnya perhitungan, (penonton mulai tegang). Perhitungan yang bertindak sebagai pembaca hasil Ananda Aisya Dzika, pembuka kertas suara Ahsan Wibi dan penulis hasil Ananda Nabilla.

No 2……( suara riu terdengar dari para pendukung), No 4….(tak mau kalah ramainya pendukungnya ). Para penonton meneriakkan yel yelnya dan saking semangatnya mereka sebagian besar maju mendekati kotak suara sehingga membuat suasana kurang kondusif. Untung saja, tim keamanan dapat mengendalikan suasana ini sehingga para pendukung bisa duduk dengan tertib saat perhitungan suara sampai akhir.

penghitungan suara
penghitungan suara

Setelah semua surat suara dihitung dan hasil perolehan suara dari ke 4 pasang calon Bupati dan Wakil Bupati Bojonegoro 2018 adalah :

1. Pasangan ke 1 : Salwa Nayla dan Zytka Alayda S : 12 suara
2. Pasangan ke 2 : A. Hisyam P.H dan Artasya Aulia Syahid: 43 suara
3. Pasangan 3 : Ega Zulfikar dan Nathariela ZA: 3 suara
4. Pasangan 4 : Syafiq Yusrizal dan Imarotin S : 37 suara

Tidak sah : 3 suara

perhitungan suara bupati bojonegoro
perhitungan suara bupati bojonegoro

Maka yang mendapat sauara terbanyak dan menjadi pemenang Bupati dan Wakil Bupati Bojonegoro 2018 adalah pasangan ke 2 atas nama A. Hisyam P.H dan Artasya Aulia Syahid.

Bupati dan wakil Bupati Bojonegoro 2018
Bupati dan wakil Bupati Bojonegoro 2018

Selamat kepada A. Hisyam P.H dan Artasya Aulia Syahid semoga dapat menjalankan visi dan misinya, kemudian pasangan ini mendapat waktu untuk menyampaikan beberapa kata sambutan atas kemenangan ini. Dalam sambutannya mereka menyampaikan ucapan terima kasih pada para pendukung yang telah memilihnya dan mereka juga berharap dapat membantu agar terwujud visi dan misinya. Amin

NB :

  1. Sebenarnya pemilu ini diharuskan ada putaran ke dua karena ada dua calon yang sama kuat. Namun, karena keterbatan waktu maka diputuskan ini langsung.
  2. Terima kasih kepada KPUD Bojonegoro yang telah membantu proses pembelajaran langsung Pemilihan Umum siswa SD Muhammadiyah 2 Bojonegoro
guru sd muhammadiyah bojonegoro
guru sd muhammadiyah bojonegoro dan KPUD Bojonegoro

 

FOTO-FOTO KEGIATAN KUNJUNGAN INSTANSI DI KPUD BOJONEGORO

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This div height required for enabling the sticky sidebar
Ad Clicks :Ad Views :